Sabtu, 09 November 2019

Pengantar Bisnis Informatika Ringkasan

Pengantar Bisnis Informatika




Dosen     : Siti Saidah
NPM        : 57416396
Nama      : Timotius Imanuel
Kelas       : 4IA12

RINGKASAN PENULISAN ILMIAH
Dengan Perkembangan teknologi pada jaman sekarang tentunya kita memiliki informasi yang penting dan kita simpan di dalam perangkat teknologi kita, maka dari itu maka keamanan berpegang penting dalam tidak bocornya informasi penting yang kita simpan pada perangkat kita. Terutama gambar pribadi.
          Dengan kesadaran akan hal tersebut maka saya menciptakan program sekuritas informasi yaitu Program enkripsi penyisipan identitas gambar kedalam sebuah gambar, Saya bertujuan untuk menyisipkan hasil scan sidik jari yang sudah menjadi bentuk gambar kedalam gambar lain. Dengan dosen pembimbing Dr. Karmilasari, S.Kom, M.M.
          Program yang saya buat ini menggunakan metode LSB atau dengan kepanjangan Least Significant Bit dan menggunakan software java netbean sebagai platform pemograman.
          Program saya ini memiliki kelebihan dari program enkripsi biasa dimana program enkripsi biasa pada umumnya hanya menyandikan kata/kalimat kedalam kata/kalimat, ada juga kata/kalimat kedalam gambar sedangkan program saya adalah menyisipkan gambar kedalam gambar. Maka informasi seperti identitas hasil scan KTP, sidik jari, dan Surat-surat lain bisa disisipkan kedalam gambar lain.
          Teknik Least Significant Bit adalah teknik dengan menyisipkan pesan yang berbentuk bit kedalam bit paling kanan pada barisan data biner dalam gambar. Sebagai contoh dalam gambar berukuran 600 x 500 piksel dapat disisipkan pesan sebanyak 600 x 500 x 3 = 900000 bit pesan, atau dengan kata lain dapat disisipkan 900000/8 = 112500 byte pesan yang dapat disisipkan.
          Program awalnya akan melakukan proses penyisipan dengan cara pertama akan membaca file gambar dan mengubah file menjadi file data byte. Kemudian membaca pesan yang ingin disisipkan kemudian diubah menjadi file data byte. Lalu membaca password dan melakukan pembangkitkan bilangan acak sehingga menjadi sebuah kunci atau keystream. Selanjutnya data byte akan di enkripsi dengan men-XOR tiap byte pesan dengan byte-byte pada keystream. Sesudah itu susunan byte gambar disusun kembali menjadi gambar stego.
Lalu untuk proses ekstraksi pertama akan dilakukan pembacaaan file gambar stego dan diubah menjadi file data byte, kemudian dipisahkannya antara byte pesan dan byte gambar, lalu pembacaan password dan melakukan pembangkitkan bilangan acak sehingga terciptanya keystream, sesudah itu data byte pesan akan didekripsi dengan men-XOR  tiap byte pesan dengan byte-byte pada keystream. Dan terakhir byte pesan hasil dekripsi akan diubah menjadi bentuk gambar file.
          Penulisan ilmiah akan program saya ini lambat untuk disidangkan dikarenakan kurangnya referensi akan pengetahuan dari cara steganografi ini di buku-buku maupun di internet, sehingga pembelajaran akan steganografi dan penguasaan platfrom pemograman untuk program steganografi saya akhirnya terpaksa terhenti.
          Saya berencana menjadikan program saya ini ditujukan untuk perusahaan atau instansi yang membutuhkan keamanan berbasiskan sidik jari, dimulai dari pengadaan seminar-seminar menunjukan bahwa program saya berbeda dari yang lain. Tentu saja saya juga akan mengenalkan program saya melalui media sosial sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar