Sabtu, 09 November 2019

Pengantar Bisnis Informatika Definisi


Pengantar Bisnis Informatika




Dosen     : Siti Saidah
NPM        : 57416396
Nama      : Timotius Imanuel
Kelas       : 4IA12



 

DEFINISI
BISNIS
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
          Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business yang berarti kesibukan, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan kepada seseorang.
          Dalam ekonomis kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
          Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Berdasarkan skupnya, penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga. Kata bisnis berarti:
  • Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan atau laba.
  • Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal atau bisnis pertelevisian.
  • Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa.
  • Namun sampai saat ini definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://toplintas.com/pengertian-bisnis-secara-umum/

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi informasi dan Komunikasi adalah sebuah tempat yang mewadahi semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Secara lebih terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua bagian, diantaranya adalah teknologi informasi serta teknologi komunikasi.
Teknologi Informasi termasuk beragam hal yang memiliki hubungan dengan suatu proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi hingga hasil dari mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.
Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan terus berkembang.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi_komunikasi
https://jagad.id/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-fungsi-tujuan-dan-perkembangan/

BISNIS INFORMATIKA
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.


Sumber:
http://hidupbahagiatanpacinta.blogspot.com/2012/10/definisi-bisnis-informatika.html


JENIS BISNIS YANG DIPILIH
E-Commerce
          E-Commerce yang saya pilih yaitu hargadunia. Website ini memberi layanan e commerce dengan cara menjadi jasa jual-beli barang luar negeri yang tidak dapat di negara Indonesia.
Secara garis besar, Hargadunia.com merupakan tempat berkumpulnya toko online dari luar negeri, seperti Amerika/USA yang menyedikan beragam produk lebih dari Jutaan jenis produk. Mulai dari otomotif & industri, kecantikan, kesehatan, vitamin, shampoo, alat rumah tangga, buku, pakaian, mainan anak, sepatu (mulai dari balita sampai dewasa), kindle, perlengkapan olahraga, outdoors, serta alat-alat elektronik (handphone, televisi, notebook, laptop, pc, casing). Berbagai macam merk terkenal juga dapat ditemukan. Produk yang ada di Hargadunia.com semua berasal dari Amazon, Ebay, DLL.
Bila kita dulu kesusahan berbelanja secara online barang dari luar negeri khususnya dari beragam toko online yang sudah saya sebutkan diatas, kini dengan hadirnya Hargadunia.com konsumen dari Indonesia tidak perlu bingung lagi, karena Hargadunia akan menjadi penghubung yang memberikan harga termurah, terlengkap dan tentunya jaminan barang pasti sampai.
Hargadunia.com tentu saja berbeda dengan toko online yang umumnya kita kenal saat ini seperti Blibli.com, Lazada, Zalora, Bhinika dan Elevenia. Kalau di Hargadunia ini dikhususkan untuk menediakan baran-barang dari toko online luar negeri yang bertujuan untuk membuat konsumen dapat dengan mudah mmembeli barang dari luar tanpa memikirkan barang hilang, bea cukai, biaya kirim dan biaya lainnya yang tidak terduga. Hargadunia juga menyediakan fasilitas Gratis Ongkos Kirim dari Amerika ke Indonesia pada jenis barang dengan kode tertentu.


Sumber:
https://www.priangga.web.id/2016/05/hargadunia-com-solusi-tepat-untuk-anda-yang-suka-belanja-online-dari-luar-negeri.html

KELEBIHAN
  • Pembeli tidak perlu mengurus bea cukai pembelian.
  • Bisa membeli produk original luar dengan mudah.
  • Barang yang tidak ada di katalog hargadunia.com bisa dibeli dengan cara menyalin alamat website dari berbagai toko online di luar negeri seperti amazon.
  • Pembeli tidak perlu jauh-jauh membeli barang luar negeri.
KEKURANGAN
  • Barang yang sampai ke pelanggan belum tentu sesuai dengan keterangan barang pada katalog.
  • Barang yang dikirimkan membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Barang bisa mengalami kerusakan pada proses pengiriman.
  • Tidak semua barang memiliki originalitas barang asli.

PERKEMBANGAN BISNIS INFROMATIKA DI INDONESIA
Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.
Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuh kan hardware yang berukuran sangat besar,tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database,internet,game online,jual beli online,situs jejaring sosial dan lain lain.
Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor tersebut. cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking ( sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.
Dilihat dari faktor – faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

  • Produk
 Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

  • Jasa
Software House
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

E-Commerce (jual-beli online)
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

IT consultant
menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.



Sumber:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar